DESKRIPSI PENERAPAN PATIENT SAFETY PADA PASIEN DI BANGSAL BEDAH
DOI:
https://doi.org/10.32883/hcj.v4i2.455Keywords:
patient safety, manajemen, bangsal bedahAbstract
Rumah sakit merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk pemulihan dan pemeliharaan kesehatan yang lebih baik. Patient safety merupakan prioritas utama untuk dilaksanakan di Rumah Sakit dan hal itu terkait dengan isu mutu dan citra Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan patient safety di bangsal bedah RSUD DR. Achmad Mochtar Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitik dengan tujuan menganalisa hasil persepsi pasien tentang manajemen penerapan patient safety oleh perawat. Sampel sebesar 167 orang diambil menggunakan accidental sampling, dengan kriteria inklusi adalah pasien yang telah dirawat minimal 3 hari di ruangan agar terlihat bagaimana perawat menerapkan patient safety. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariate menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan 104 responden (62%) mengatakan dengan manajemen patient safety tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan patient safety oleh perawat di ruang bedah yang paling baik dilakukan adalah dalam hal memberikan lembar persetujuan sebelum melakukan tindakan operasi dengan mean 3,90 (range 4), dimana hal ini penting dilakukan sebagai bentuk inform concent bagi pasien. Diharapkan rumah sakit dapat mempertimbangkan manajemen penerapan patient safety sebagai rujukan sehingga perawat dapat bekerja secara optimal.
Â
Â
References
Andriani, Aida. 2017. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggiâ€. Journal Endurance 2 (1) February 2017 (45-52).
Bawelle, S. C., Sinolungan, J., & Hamel, R. S. (2013). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT DENGAN PELAKSANAAAN KESELAMATAN PASIEN. Ejournal Keperawatan (e-Kp), 1(1), 1–7.
Gunawan, Widodo, F. Y., & Harijanto, T. (2015). Analisis Rendahnya Laporan Insiden Keselamatan Pasien di Rumah Sakit An Analysis of Low Adverse Error Reporting at Hospital. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28(2), 206–213. Retrieved from jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/download/962/479
Iswati. 2013. “Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien Di Rumah Sakitâ€. E-journal Keperawatan (E-Kp) Vol. 2 No. 2, Juni 2013.
Kartika, I. R., Hariyati, R. T. S., & Nelwati. (2018). Kompetensi Perawat Dan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Rawat Jalan. NERS : Jurnal Keperawatan, 14(2), 46–54.
Kartika, I. R., & Melani, V. (2017). APPLICATION OF „ SIX RIGHTS †ON MEDICATION ADMINISTRATION BY NURSE AND PATIENT SATISFACTION. Jurnal INJEC, 2(2), 178–183.
KemenKes, RI. 2011. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1691/MenKes/Per/VIII/2011 Tentang Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Jakarta.
Lombogia, A. (2016). Hubungan Perilaku Dengan Kemampuan Perawat Dalam Melaksanakan Keselamatan Pasien (patient safety) di Ruang Akut Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 4(2), 1–8.
Mudayana, A. A. (2014). PERAN ASPEK ETIKA TENAGA MEDIS DALAM PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT. Supplemen Majalah Kedokteran Andalas, 37(1), 69–74.
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 3 dan Edisi 4. Jakarta : Salemba Medika
Triwibowo, Cecep. (2013). Manajemen Keperawatan di Rumah Sakit. Jakarta: Trans Info Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Setiap naskah yang terbit di jurnal Human Care ini adalah dianggap sebagai karya dari penulis.
Pemegang hak cipta adalah jurnal Human Care. Semua pembaca memiliki akses untuk masuk ke jurnal Human Care dan menjadikan naskah yang terbit di jurnal Human Care sebagai referensi.