KUALITAS HIDUP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA BUKITTINGGI

Authors

  • Rina Mariyana universitas fort de kock
  • Cory Febrina Universitas Fort De Kock
  • Anita Nabila Putri

DOI:

https://doi.org/10.32883/hcj.v8i3.2818

Abstract

Seiring dengan meningkatnya angka harapan hidup ( berusia 18 tahun ) anak kebutuhan khusus memiliki hak dalam kualitas hidup dimana 72 % secara fisik, sosial, emosi dan juga perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor kualitas hidup anak berkebutuhan khusus di Kota Bukittinggi Tahun 2023. Jenis penelitian ini menggunakan Mixed methods dengan explanatory mixed methods. Populasi dalam penelitian ini  sebanyak 52 orang untuk penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan sampel total sampling. Penelitian kualitatif dengan jumlah partisipan 12 orang tua yang diambil dengan dengan menggunakan teknik purposive yaitu dipilih dengan anak usia sekoalh dengan kualitas hidup buruk. Hasil penelitian kuantitatif didapatkan lebih dari separuh anak berkebutuhan khusus memiliki kualitas hidup yang baik sebanyak 40 orang (76,9%) dan yang buruk 12 orang (23,1%). Hasil kualitatif didentifikasi adanya tema: aktivitas sehari-hari anak, sosialisasi anak dengan teman sebaya. Anak berkebutuhan khusus tidak semua yang memiliki kualitas hidup yang buruk berdasarkan fungsi fisik, emosi,, sosial dan pendidikan.

References

Diantika, R., Achmad, H., & Yani, A. (2020). Lingkungan Inklusi Dan Kemampuan Bersosialisasi : Studi Terhadap Pola Pertemanan Anak Berkebutuhan Khusus ( Abk ). Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi, 10(1), 765–769.
Gandy, K.C. et al. (2020) ‘The relationship between chronic health conditions and cognitive deficits in children, adolescents, and young adults with down syndrome: A systematic review’, PLoS ONE, 15(9 September), pp. 1–13. Available at: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0239040.
Garsia (2018) ‘Special needs: Defining and understanding the 4 types. Care. http://www.care.com/c/types-of-special-needs/’.
Ijezie, O.A. et al. (2023) ‘Quality of life in adults with Down syndrome: A mixed methods systematic review’, PLoS ONE, 18(5 May), pp. 1–28. Available at: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0280014.
Lackner, L. et al. (2023) ‘Health-Related Quality of Life, Stress, Caregiving Burden and Special Needs of Parents Caring for a Short-Statured Child—Review and Recommendations for Future Research’, International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(16). Available at: https://doi.org/10.3390/ijerph20166558.
Michael A. Henry, J. (2023) ‘“I DIDN’T ASK TO COME….” EXAMINING THE UNMET NEEDS OF BLACK CAREGIVERS OF CHILDREN WITH SPECIAL NEED CONDITIONS IN DEKALB COUNTY, GEORGIA’, (July), pp. 1–23.
Stojanovic, J. et al. (2023) ‘Assessment of Life Quality in Children with Dysphonia Using Modified Pediatric Voice-Related Quality of Life Questionnaire in Serbia’, Children, 10(1). Available at: https://doi.org/10.3390/children10010125.
Wilson, J. (2002) ‘Defining “special needs”’, European Journal of Special Needs Education, 17(1), pp. 61–66. Available at: https://doi.org/10.1080/08856250110099024.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Mariyana, R., Febrina, C., & Putri, A. N. (2023). KUALITAS HIDUP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA BUKITTINGGI. Human Care Journal, 8(3), 676–685. https://doi.org/10.32883/hcj.v8i3.2818