PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN STROKE PADA PENDERITA HIPERTENSI

Authors

  • Lisavina Juwita Fort De Kock University
  • Vanny Anggraini Fort De Kock University
  • Rahmiwati Rahmiwati

DOI:

https://doi.org/10.32883/hcj.v8i2.2502

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan kardiovaskuler berbahaya ketika penderita tidak melakukan pengontrolan dengan baik karena menimbulkan komplikasi jantung coroner, stroke, gagal ginjal dan gangguan penglihatan. Dibutuhkan pemahaman yang baik serta respon sikap yang positif oleh setiap penderita untuk mencegah terjadinya komplikasi dari hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan berbasis audiovisual terhadap pengetahuan tentang pencegahan stroke pada pasien hipertensi di Puskesmas Simpang IV sipin Jambi tahun 2022. Penelitian ini quasi experiment dengan pendekatan one group pre test post test design yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 dengan populasi seluruh penderita hipertensi yang berkunjung ke Puskesmas Simpang IV Sipin yaitu sebanyak 272 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan besaran sampel sebanyak 19 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan pencegahan stroke. Analisis data dengan t test dependent. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan rata – rata pengetahuan responden antara sebelum (4,36) dengan sesudah (8,15) dengan beda rata – rata 3,78 dan nilai p = 0.000. Dapat disimpulkan bahwa pemberian pendidikan kesehatan berbasis audiovisual dapat meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan stroke pada pasien hipertensi.

References

Ariyanti, M., Fitriani, A. D., & Asriwati. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Perubahan Perilaku Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan Cehadum, 2(1), 2– 31
Dedeh Husnaniyah, Titin Hidayatin, E. J. H. (2020). Perilaku Pencegahan Stroke Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Jatibaring Indramayu. 128.
Deni Ahmat Riduan, Kelana Kusuma Dharma, S. (2018). Pengaruh Edukasi Deteksi Dini Stroke Dengan Metode Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Individu Dengan Risiko Tinggi Stroke Di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas Ii Kota Pontianak. Social Welfare Policy, 45(1), 0– 00.
DR. M.N Bustan. (2007). Epidemiologi Penyakit Tidak Menular. Pt Rineka Cipta. Hamzah B, S.Km., M.Kes ; Hairil Akbar, S.Km., M. E. (2021). Teori Dasar Epidemiologi
Penyakit Tidak Menular (M. P. Nanda Saputra (Ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Heri D. J. Maulana, S.Sos, M. K. (2009). Promosi Kesehatan (N. S (Ed.); Cetakan I). Hidayatus Sya’diyah. (2018). Keperawatan Lanjut Usia Teori Dan Aplikasi (Pertama). Indomedika Pustaka.
I Ketut Swarjana. (2015). Metodelogi Penelitian Kesehatan (Inunk Nastiti (Ed.)). CV Andi Offset.
Intan Putri Hidayati, Ratih Dwilestari Puji Utami, S. D. S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Evaluasi Metode Word Squareterhadap Pengetahuan Keluarga Pasien Hipertensi Dalam Deteksi Dini Stroke Di Tlogotirto Sumberlawang. 000, 1–13.
Irfan, Muhammad., Eva Mujiarahmah., Riska Iriyanti., & Noor Ahda Fadillah. 2021. Edukasi Hipertensi Kepada Masyarakat Desa Pemurus Rt 002 Secara Daring Menggunakan Media Audio Visual. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Vol.4, No. 3, Agustus 2021.
Lola, D. (2020). Hubungan Hipertensi Dengan Kejadian Stroke Berulang Pada Penderita Pasca Stroke. Jurnal Kesehatan MIDWINERSLION, 5(1), 125– 131.
M. Clevo Rendi, M. T. (2012). Asuhan Keperawatan Medikal Medah Dan Penyakit Dalam (Cetakan 1). Nuha Medika.
Machfoedz, I Suryani, E. (2007). Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Pomosi Kesehatan (Cetakan Ke). Fitramaya.
Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Metodelogi Penelitian Kesehatan.
Metekohy, F., Achmad, I., & Maluku. (2021). Jurnal Keperawatan Indonesia Timur (
East Indonesian Nursing Journal ) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Penderita Hipertensi Tentang Risiko Stroke Di. 89–98.
NS. Andra Saferi Wijaya, S.Kep, NS. Yessie Mariza Putri, S. K. (2013). KMB 2 Keperawatan Medikal Bedah (Keperawatan Dewasa) (Cetakan Pe). Nuha Medika.
Ns. Windri Dewi Ayu., S.Kep., M. K. (2022). Supervisi Keperawatan (M. P. Aeni
Rahmawati (Ed.); Cetakan 1). Rumah Pustaka.
Nursalam. (2013). Metodelogi Penelitian Llmu Keperawatan Pendekatan Praktis (Edisi 3). Salemba Medika.
Prof. Dr. Soekidjo Notoadmodjo, S.K.M., M. C. . (2010). Promosi kesehatan teori & aplikasi (cetakan ke). PT Rineka Cipta.
Riduan, Deni Ahmat., Kelana Kusuma Dharma., & Sukarni.
2018. Pengaruh Edukasi Deteksi Dini Stroke Dengan Metode Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Individu Dengan Risiko Tinggi Stroke Di Wilayah Kerja
Puskesmas Perumnas Ii Kota Pontianak. Jurnal Keperawatan Fakultas Kedokter Universitas Tanjungpura.
Saifuddin Azwar. (2010). Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya (Edisi 2). Pustaka Belajar.
Setiawan, A. B., Sulistya, D. I., Loka, A., Wardani, K., &Firdaus, S. R. (2021).
Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Hipertensi Dengan Media Video Dan Poster Di Desa Kaliancar. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Srakarta, 178–190. Siyoto, S., & S. A. (2015). Dasar
Metodelogi Penelitian. Literasi Media.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitafif Dan R&D. Alfabeta, CV.
Suprayitna, Marthilda., & Baiq Ruli Fatmawati. JPNI Vol 6, No. 02 Agustus - November 2021.
Tri Dayakisni, H. (2003). Psikologi Sosial. UMM Press.
Wahit Iqbal Mubarak, N. C. (2007). Promosi Kesehatan (Cetakan Pe). Graha Ilmu.
Wiwit S. (2010). Stroke & Penanganannya : Memahami, Mencegah & Mengobati Stroke (Meita Sandra (Ed.); Cetakan Pertama. Katahati.

Downloads

Published

2023-07-22

How to Cite

Juwita, L., Anggraini, V., & Rahmiwati, R. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN STROKE PADA PENDERITA HIPERTENSI. Human Care Journal, 8(2), 396–403. https://doi.org/10.32883/hcj.v8i2.2502