LITERATURE REVIEW: ANALISIS BRAND EQUITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PUSKESMAS
DOI:
https://doi.org/10.32883/hcj.v7i1.1602Abstract
Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. Tujuan penulisan literature review ini adalah untuk menganalisis ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan di Puskesmas. Penelitian ini adalah penelitian literature review. Metode yang digunakan pada penelitian literature review yaitu systematic literature review. Sumber artikel berasal dari Portal garuda, dan Google scholar. Terdapat tahapan screening dalam memilih jurnal yang terdiri dari 3 tahap yaitu screening 1 memilih jurnal berbayar dan tidak berbayar, screening 2 mereview judul dan abstrak, screening 3 mereview latar belakang, metode, hasil dan pembahasan. Peenjabaran hasil temuan artikel, dapat disimpulkan bahwa ekuitas merek berpengaruh terhadap loyalitas, kepuasan pelanggan, keputusan pemanfaatan pelayanan, dan pemanfaatan kembali. Selanjutnya untuk elemen ekuitas merek yang lebih dominan saat diterapkan di puskesmas, yaitu elemen persepsi kualitas. Kesimpulan literature review ini yaitu terdapat pengaruh antara ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan, dikarenakan ekuitas merek dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh pelanggan. Oleh karena itu, untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih mendalam mengenai ekuitas merek dan loyalitas pelanggan, baik satu arah maupun dua arah. Kemudian mengenai elemen yang dominan digunakan, hendaknya dapat diteliti secara menyeluruh pada keempat elemen ekuitas merek yang digunakan dan kekuatan masing-masing elemen saat penerapan di puskesmas.
References
[2] S. Arikunto, "Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Revisi VI," 2006.
[3] S. Azwar, "Metode Penelitian," Pustaka Belajar, 2007.
[4] K. Febriani, "Program Loyalitas Pelanggan Dalam Meningkatkan Citra Merek. Jurnal Bisnis dan Manajemen," 2008.
[5] H. Harun, "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Produk Telkom Flexi. Tesis UNDIP Semarang," 2006.
[6] R. J. Coney, "Consumer
Behavior: Building Market Strategy," 1998.
[7] Aaker, "Managing Brand Equity: Capitaliizng On The Value of a Brand Name," free Press, 1991.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Setiap naskah yang terbit di jurnal Human Care ini adalah dianggap sebagai karya dari penulis.
Pemegang hak cipta adalah jurnal Human Care. Semua pembaca memiliki akses untuk masuk ke jurnal Human Care dan menjadikan naskah yang terbit di jurnal Human Care sebagai referensi.