ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN TINGKAT KINERJA STAF LABORATORIUM SENTRAL
DOI:
https://doi.org/10.32883/hcj.v6i2.1204Abstract
Dalam era globalisasi dan perdagangan bebas, rumah sakit menghadapi persaingan usaha yang semakin komplek. Rumah sakit merupakan usaha pelayanan jasa kesehatan, yang salah satu nya berdasarkan pada azas kepercayaan sehingga masalah kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas pasien menjadi faktor yang sangat menentukan keberhasilannya. Pelayanan yang berkualitas dapat diperoleh dari staf yang berkinerja tinggi. Supaya staf memiliki kinerja tinggi maka staf harus memiliki motivasi dalam bekerja.  Motivasi yang diberikan kepada staf dapat berupa pemberian reward, selain dari pemberian reward dapat juga menegakkan punishment. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penerapan reward dan punishment dengan tingkat kinerja staf Laboratorium Sentral Rumah Sakit Umum Pusat  DR. M. Djamil Padang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah reward dan punishment sementara variabel terkait adalah kinerja staf. Penelitian ini dilakukan pada staf Laboratorium sentral RSUP Dr. M. Djamil Padang yang terdiri 51 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data terdiri dari analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reward dan punishment mempunyai hubungan yang bermakna dengan kinerja.
Â
Keyword : kinerja, punishment dan reward
References
Fandy, T. (2004). Manajemen Jasa (Edisi Pert). Andi Offset.
Febrianti, S. (2014). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja (studi pada karyawan PT. Panin Bank Tbk. Area Mikro Jombang). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 1–9.
Kadarisman M. (2012). Manajemen Kompensasi. Rajawali Pres.
Keputusan Direktur Utama RSUP Dr. M. Djamil Padang. (2017). Keputusan Direktur Utama RSUP Dr. M. Djamil Padang, No. KP. 01.04/I/317/2017 tentang Pedoman Pemberian Remunerasi Kepada Pejabat Pengelola, Dewan Pengawas dan Pegawai di RSUP Dr. M. Djamil Padang.
Mulyasa, E. (2003). Managemen Berbasis Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Nangoi, W. J., Pondaag, L., & Hamel, R. (2014). Hubungan Pemberian Reward dengan Kinerja Perawat di Ruangan IRINA A RSUP Prof. DR. RD kandou Manado. Jurnal Keperawatan, 2(2).
Rahim, M. A., & Daud, W. N. W. (2012). A proposed conceptual framework for rewards and motivation among administrators of higher educational provider in Malaysia. International Journal of Business and Commerce, 1(9), 67–78.
Schmaltz, S. P., Williams, S. C., Chassin, M. R., Loeb, J. M., & Wachter, R. M. (2011). Hospital performance trends on national quality measures and the association with Joint Commission accreditation. Journal of Hospital Medicine, 6(8), 454–461.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukmawati, M., & Muhammad, Y. (2016). Effect Of Job Training, Reward Toward Job Ability And Employees Performance (Study In PT. Bank Perkreditan Rakyat Hasamitra In South Sulawesi Province). IOSR Journal of Business and Mangement, 18(4), 10–20.
Tafsir, A. (2008). Ilmu Pendidikan dalam Presfektif Islam. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Setiap naskah yang terbit di jurnal Human Care ini adalah dianggap sebagai karya dari penulis.
Pemegang hak cipta adalah jurnal Human Care. Semua pembaca memiliki akses untuk masuk ke jurnal Human Care dan menjadikan naskah yang terbit di jurnal Human Care sebagai referensi.