IMPLEMENTASI COMPUTER AIDED TEST BERBASIS MULTIMEDIA GUNA MENGUKUR TINGKAT KESIAPAN SISWA SMK DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR NASIONAL

Authors

Abstract

Teknologi menjadi salah satu perkembangan pendidikan didunia, termasuk dalam memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan. ujian nasional sekolah menengah atas dan setara memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaannya. namun penggunaan teknologi belumlah di kuasai oleh para siswa yang ada di indonesia. perlu dilakukan simulasi dalam menghadapi ujian nasional tersebut. pengabdian kepada masyarakat ini memberikan fasilitas kepada mitra dalam melakukan uji coba untuk mengikuti ujian nasional tersebut. penerapa multimedia memberikan efek intereaktif antara siswa dan komputer. yang memudahkan siswa dalam memahami maksud dari soal yang diberikan pada ujian tersebut

References

[1] Pakpahan, R. (2016). Model ujian nasional berbasis komputer: manfaat dan tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(1), 19-35.
[2] Apriliana, I. P. A. (2018). Tingkat kecemasan siswa SMK menghadapi ujian nasional berbasis komputer tahun 2018. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 37-44.
[3] Wirawan, R., & Wibisono, M. B. (2018). IBM Siswa yang Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 3(1).
[4] Firmansyah, A. U. (2018, September). Aplikasi simulasi uji coba (tryout) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018. In Seminar Nasional Royal (SENAR) (Vol. 1, No. 1, pp. 111-114).
[5] Mardiana, M., & Handayani, F. S. (2017). Analisis Kesiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Pada Smkn Kota Palembang. SNTIBD, 2(1), 283-288

Downloads

Published

2021-07-16

How to Cite

Hadi, A. F. (2021). IMPLEMENTASI COMPUTER AIDED TEST BERBASIS MULTIMEDIA GUNA MENGUKUR TINGKAT KESIAPAN SISWA SMK DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR NASIONAL. Empowering Society Journal, 2(1). Retrieved from https://ojs.ufdk.ac.id/index.php/ESJ/article/view/1214